REAKSI BERSAING SN1 DAN E1

REAKSI BERSAING SN1 DAN E1

Alkil halida dapat bereaksi dengan basa lewis yang menghasilkan produk sebagai hasil reaksi substitusi mupun reaksi eliminasi.

Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, reaksi substitusi dapat berlangsung dengan mekanisme SN1 dan SN2 sedangkan reaksi eliminasi dapat berlangsung dengan mkanisme E1 dan E2.
Ringkasan kompetisi reaksi SN1 dengan E1 ditunjukkan dalam skema dibawah ini :



          Zat antara karbokation yang dapat bereaksi dengan nukleofil untuk menghasilkan substitusi dan basa untuk menghasilkan eliminasi. Nukleofil dan basa sama sama digunakan sebagai pelarut.
          
Reaksi SN1 akan terjadi apabila pelarut memiliki karakter nukleofilik (basa yang sangat lemah) seperti air dan alkohol. Sedangkan reaksi E1 akan terjadi ketika ada basa lemah atau kuat yang dilarukan dalam pelarut polar seperti ion hidroksida, ion alkoksida dan amida.

Permasalahannya :
  1.  Bagaimana pengaruh struktur gugus alkil terhadap reaksi SN1 dan E1?
  2. Apa saja yang menjadi factor penentu laju reaksi dalam reaksi bersaing ini dan bagaimana lajunya?
  3. Apakah bisa jika alkil halide yang digunakan digantikan dengan alkohol? Jelaskan.

Komentar

  1. nama : Rahma
    nim : A1C117018
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3

    menurut saya bisa,karna alkohol merupakan jenis pelarut yang memiliki karakteristik nukleofilik(basa yang sangat lemah)sehingga reaksi SN1 dapat terjadi,selain itu alkohol juga memiliki sifat yang serupa dengan alkil halida,salah satunya yaitu alkohol ada yang primer sekunder dan tersier serta bisa membentuk karbokation.

    BalasHapus
  2. hai erly
    saya ruslan rabani nim a1c117028, saya akan coba bantu menyelesaikan masalahmu no 2
    dalam reaksi bersaing untuk menghasilka peluang besar agar dapat terbentuk reaksi SN1 maka nukleofil bekarakter basa lemah,dan untuk mencptakan peluang besar terjadinya reaksi E1 maka pelarut polar digunkan untuk melarutkan basa lemah maupun kuat.
    semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer