REAKSI BERSAING SN2 DAN E2

REAKSI BERSAING SN2 DAN E2

        Alkil halida dapat bereaksi dengan basa lewis yang menghasilkan produk sebagai hasil reaksi substitusi mupun reaksi eliminasi.


     Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, reaksi substitusi dapat berlangsung dengan mekanisme SN1 dan SN2 sedangkan reaksi eliminasi dapat berlangsung dengan mkanisme E1 dan E2.
        Struktur alkil halida dan bebasaan anion merupakan dua faktor yang sangat penting. Reaksi eliminasi terjadi bila alkil halide direaksikan dengan basa lewis, dan reaksi substitusi hanya terjadi pada keadaan tertentu.


Dari contoh diatas, E2 lebih cepat daripada SN2 karena alkil halide sekunder dengan nukleofil basa kuat. suatu reaksi cenderung akan menghasilkan produk substitusi jika direaksikan dengan kebasaan nukleofilik yang lemah. Jika basa yang digunakan adalah basa kuat maka terjadi  reaksi eliminasi. Sebaliknya, jika basa yang digunakan adalah basa lemah maka terjadi reaksi substitusi.



Permasalahannya :
  1.      Apa saja yang menjadi factor penentu laju reaksi dalam reaksi bersaing ini dan bagaimana lajunya?
  2.      Ketika alkil halide direaksikan dengan basa lewis akan menghasilkan reaksi substitusi maupun reaksi eliminasi. Mengapa tidak asam lewis?
  3.       Bagaimana pengaruh struktur gugus alkil terhadap reaksi SN2 dan E2? 

Komentar

  1. nama : rahma
    nim : A1C117018
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 1

    yang menjadi faktor penentu laju reaksi dalam reaksi bersaing diantaranya yaitu temperatur,pelarut dan struktur alkil halidanya yang terdiri dari (primer , sekunder , dan tersier) pada temperatur dan pelarut yang sama metil halida dan alkil halida primer cenderung bereaksi substitusi,alkil halida tersier cenderung bereaksi secara eliminasi dan yang terakhir alkil halida sekunder mengalami reaksi keduanya yaitu substitusi dan eliminasi..

    BalasHapus
  2. Saya M.Raidil (A1C117006) akan coba menjawab pertanyaan no.3
    Menurut saya jika substratnya merupakan halida primer, hasil substitusinya lebih unggul. Jika substratnya berupa halida sekunder, jumlah relatif dari kedua produk tersebut tergantung pada kekuatan basa dan keruahan nukleofil/basa. Dan jika substratnya halida tersier maka reaksi eliminasi jauh lebih unggul daripada reaksi substitusi. Terimakasih semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya yossy mahardani
    Nim A1C117034
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no. 2
    Kita ketahui syarat dari reaksi nukleofilik ini adalah alkil halida dimana alkil halida ini merupakan karbokation atau atom C membentuk ion positif ( anion) sehingga ia membutuhkan ion negatif / elektrofilik. Elektrofilik ini dapat ditemukan pada basa lewis tsb, sedangkan asam lewis ini lebih bermuatan positif sehingga pada reaksi subsitusi ataupun eliminasi alkil halida terjadi ketika berikatan dengaa basa lewis.
    Semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer