Mekanisme Reaksi E2

                                                  Mekanisme Reaksi Eliminasi

                                                       

Reaksi Eliminasi 
Eliminasi merupakan proses pelepasan atau penghilangan oleh karena itu maka Reaksi Eliminasi adalah pelepasan  atom/gugus dari suatu substrat hingga menghasilkan ikatan rangkap. Reaksi eliminasi dapat terjadi pada senyawa organic yang memiliki gugus pergi. Sebagai contoh :




Mekanisme reaksi eliminasi terbagi menjadi dua yaitu mekanisme E1 (proses dua tahap) dan mekanisme E2 (proses satu tahap). Pada kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai mekanisme reaksi eliminasi E2.

Reaksi Eliminasi E2
Merupakan reaksi eliminasi bimolekuler yang dilakukan secara bersamaan (serempak) yang berarti hanya terdiri dari satu langkah mekanisme. Reaksi E2 sering kali terjadi pada alkil halide primer tersubstitusi dimana terdapat dua molekul yang menjadi pereaksinya yaitu substrat dan basa. Oleh karena itu tahap penentu laju reaksinya yaitu :
                                                            Laju = K [ R-X ] [ Basa ]

Mekanisme Reaksi E2
Reaksi E2 merupakan reaksi satu tahap yaitu terputusnya ikatan karbon-hidrogen dan karbon-halogen sehingga membentuk ikatan rangkap dua ( C=C ). Reaksi E2 secara khusus menggunakan basa kuat untuk menarik hydrogen asam dengan kuat.
Contoh mekanisme :

                                    

            Basa menyerang ikatan C-H tetangga dan muli mengambil atom H, pada saat yang sama ikatan rangkap dua pada alkena mulai terbentuk dan gugus X mulai pergi.
            Alkena akan terbentuk bila ikatan C-H sudah benar benar putus dan gugus X telah terlepas dengan membawa sepasang electron ikatan C-X.

Permasalahan :
  1. Mekanisme Reaksi E2 umumnya terjadi pada alkil halide primer dengan menggunakan basa kuat untuk menarik hydrogen asamnya dengan kuat. bagaimana jika subsrrat yang digunakan bukanlah alkil halide? Bagaimana pula jika basa yang digunakan tidaklah kuat atau justru menggunakan asam kuat? jelaskan dan berikan contoh reaksinya.
  2. Apa faktor-faktor yang menyebabkan mekanisme reaksi E2 terjadi secara bersamaan? Dan mengapa kedua pereaksi menjadi factor penentu laju reaksi?
  3. Bagaimana jika pada reaksi E2 menggunakan alkil halide sekunder? Berikan contoh mekanisme beserta penjelasannya.

Komentar

  1. hai erly
    saya ruslan rabani, nim a1c117028
    saya akan coba bantu meyelesaikan masalahmu no 2
    Menurut saya tentu ada faktor faktor penting yang mempengaruhi reaksi E2 terutama yang mengakibatkan mekanisme ini terjadi secara bersamaan.
    Faktor faktor itu berupa :
    1. Energi transisi yang tinggi
    2. Halangan sterik yang rendah
    3. Lemahnya ikatan yang di sebabkan oleh jarak
    4. Terjadi secara non polar (pelarut)

    BalasHapus
  2. saya maratul hasanati
    nim A1C117032
    saya akan coba bantu meyelesaikan permasalahan no 3
    Basa akan menyerang hidrogen tetangga dan akan terbentuk H2O
    Kemudian halogen akan pergi dengan sepasang elektron dan terbentuklah ikatan rangkap C=C
    Contoh:
    2 kloro propana + OH -> propena + air + Cl-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer