Mekanisme Reaksi E1


                                                         Mekanisme Reaksi  Eliminasi

Mekanisme reaksi eliminasi terbagi menjadi dua yaitu mekanisme E1 (proses dua tahap) dan mekanisme E2 (proses satu tahap). Pada kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai mekanisme reaksi eliminasi E1.

Reaksi eliminasi E1
          Reaksi E1 umumnya dilakukan dengan basa lemah dan alkil halide tersier. Rumus lajunya yaitu :

R = K [ R-X ]
Mekanisme Reaksi E1
Reaksi E1 disebut juga reaksi Unimolekuler yang dilakukan secara bertahap. Ada dua tahap dalam reaksi ini yaitu ionisasi dan deprotonasi. 

        Tahap ionisasi ialah putusnya ikatan karbon-hidrogen yang kemudian terbentuk katbokation.
dissosiasi yang spontan dari gugus pergi menghasilkan intermediet karbokation. tahap ini merupakan tahap lambat penentu laju reaksi.


        Tahap deprotonasi karbokation yaitu tahap cepat. pada tahap ini hilangnya satu proton tetangga menghasilkan alkena. pasangan elektron C-H membentuk ikatan phi alkena.

                                     

Permasalahan :
  1. Mekanisme Reaksi E1 umumnya terjadi pada alkil halide sekunder dengan menggunakan basa lemah. Bagaimana jika basa yang digunakan digantikan dengan asam kuat? jelaskan dan berikan contoh reaksinya.
  2. Apa faktor-faktor yang menyebabkan mekanisme reaksi E1 terjadi secara bertahap? Mengapa tidak terjadi secara bersamaan seperti reaki E2? Dan mengapa hanya substrat yang menjadi factor penentu laju reaksi.
  3. bagaimana jika pada reaksi E1 menggunakan alkil halide primer dan sekunder? Berikan contoh mekanisme dan penjelasannya.

Komentar

  1. Nama : Rahma
    Nim : A1C117018
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2
    Adapun Faktor-faktor yang menyebabkan reaksi eliminasi unimolekuler berlangsung secara bertahap yaitu :
    1. Adanya efek substituen
    2. Adanya kekuatan nukleofilik
    3. Adanya gugus pergi (leaving group) yang baik

    Kemudian,kenapa reaksi E1 tidak terjadi secara bersamaan,karna pada pada E1 hanya 1 dari 2 pereaksi yg terlibat,yaitu substrat.Oleh karena itu maksud dari lambang 1 dan 2 pada E1 dan E2 itu berbeda.

    Kemudian kenapa hanya substrat yg menjadi penentu laju reaksi dikarnakan,pembentukan karbokationnya merupakan tahap paling lambat, alias tahap penentu laju. Karna itulah kinetika orde pertama berlaku (unimolekular) atau E1.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer